MAKALAH
HASIL WAWANCARA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP) ARDANIAH
Diajukan sebagai salah satu tugas Individu pada Mata Kuliah
KAPITA SELEKTA AGAMA ISLAM
Dosen :
Sulaeha, M.Ag
Disusun Oleh :
Nama :Elis
Fitriani
NIM : 14102032011CA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
SERANG - BANTEN
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat
serta karunia-Nya. sehingga saya dapat menyelesaikan makalah hasil wawancara
pada SMP ardania ini. Makalah ini berisikan tentang biografis, sejarah,
kurikulum dan lainnya berkaitan dengan sekolah tersebut. Saya mengharapkan
makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang hal terseebut.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu
kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan
demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada
semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini. Yakni Ibu
sulaeha sebagai dosen pengampu Kapita Selekta agama Islam dan Ibu Fatmah
Fatmawati sebagai kepala Sekolah SMP Ardaniah yang telah bersedia menyempatkan
waktunya untuk diwawancarai. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha
kita. Amin.
Serang, 05 Juli 2015
Penyusun
|
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR....................................................................................... i
DAFTAR
ISI...................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................ 1
A. Latar
Belakag Masalah............................................................................ 1
B. Rumusan
Masalah................................................................................... 1
C. Tujuan
Penulisan..................................................................................... 2
BAB
II HASIL WAWANCARA.................................................................... 3
A.
Profil
Sekolah.......................................................................................... 3
B.
Sejarah
singkat berdirinya Sekolah......................................................... 3
C.
Visi,
Misi dan Tujuan Sekolah............................................................. 4
D. Kurikulum sekolah............................................................................... 6
BAB
III PENUTUP.......................................................................................... 9
A. Kesimpulan............................................................................................. 9
B. Saran....................................................................................................... 9
DAFTAR
PUSTAKA........................................................................................ 10
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembanga zaman pendidikan mengalam perkembangan
yang sangat pesat, mulai dari pendidikan Usia dini hingga perguruan tinggi,
teknologi semakin canggih, Ilmu pengetahuanpun sangat mudah didapatkan bagi
orang-orang yang mencarinya. Tapi pada kenyataannya semakin maju teknologi
semakin hancur pendidikan, ini dilihat dari lulusan yang tidak bisa memperlihatan eksistensinya
didalam kehidupan masyarakat. Yang harusnya pendidikan menjadi perubah sikap
dan sifat buruk malah tidak demikian.
Pengetahuan sebetulnya tidak hanya bisa didapat di lembaga formal, akan tetapi
bisa melalui berbagai media, mulai dari media cetak, media televisi bahkan
media sosialpun akan bisa menjadi sumber pengetahuan. Internet menjadi sumber
yang sangat digemari masyarakat saat ini dengan biaya yang relatif murah dan
mudah dalam penggunaannya menjadi faktor utama pemicu dalam pengguna internet
ini.
Akan tetapi, banyak dari kalangan masyarakat yang kadang salah
dalam menggunakannya. Atau bahkan karena begitu mudah dalam menggunakannya
salah menggunakan Internet, sehingga membuat malas pengguna, contoh kecilnya
banyaknya mahasiswa yang tak mau repot
mengetik, ssehingga selalu copas ketika diberi tugas oleh dosen.
Memang mudah dan cepat. Akan tetapi disadari atau tidak itu akan
membuat mahasiswa malas, dengan dalih
“ngapain mencari yang sulit, bila ada yang mudah.”
Dengan Pembuatan makalah berupa wawancara, mungkin bisa mengurangi
copas di internet dan juga bisa mengetahui keadaan sekolah, menegement dan
kurikulum yang digunakan.
B.
Rumusan Masalah
1. Dimana letak SMP ardaniah?
2. Apakah kurikulum yang dipakai di sekolah tersebut?
3. apa hubungannya dengan dengan pesantren ardaniah
4. Bagaimana management keadministrasiannya?
5. Siapakah yang paling berperan di sekollah tersebut?
C.
Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini antara lain:
1.
Untuk
memenuhi Tugas individu Mata Kuliah Kapita Selekta Agama Islam.
2. Untuk menambah pengetahuan tentang
Pendidikan di indonesia terutama pendidikan di sekitar.
3. Sebagai pembelajaran membuat makalah hasul
wawancara
BAB II
HASIL WAWANCARA
A.
Profil Sekolah
Secara singkat
akan dipaparkan mengenai profil Sekolah
Menengah Pertama Ardaniah Kota Serang.
1.
Nama
Sekolah : SMP ARDANIAH
2.
Alamat : Kp. Pantogan Ds. Panggungjati
3.
Kecamatan : Taktakan
4.
Kabupaten/Kota :
Serang
5.
Nama
Yayasan : Ardaniah
6.
Alamat
Yayasan : Kp. Pantogan Ds. Panggungjati Kec. T Taktakan
Kota Serang
7.
NSS/NPSN : 202286205037/20161638
8.
Tahun
didirikan : 2009
9.
Tahun
beroperasi : 2010
12. Identitas Kepala Sekolah :
Nama : MAMAH
FATMAWATI, SE
Pendidikan Terakhir : S1
Spesialis/Jurusan :
S1 ( Ekonomi )
Alamat
: Kp. Pantogan Desa Panggungjati Kec. Taktakan Kota Serang Banten
B.
Sejarah singkat berdirinya Sekolah
Berawal dari
perjuangan para ulama dan pengabdian kepada Allah SWT, Bapak KH. Sudrajat
Ardani Al-Makky, Lc.MH, berniat untuk mengikuti jejak para alim ulama dalam
meneruskan dan mengembangkan da’wah islamiyah lewat Melalui system perpaduan
pendidikan sekolah dan Salafi.
Sekolah Menengah Pertama
Ardaniah Kota Serang didirikan pada tahun 2009, di atas tanah waqaf yang
awalnya seluas ± 2200 m². terletak di Kp. Pantogan Desa Panggung Jati Kec.
Taktakan Kota Serang Propinsi Banten. Sekolah Menengah Pertama Ardaniah Kota Serang didirikan atas inisiatif
dan swadaya dari masyarakat Pantogan. Hal ini sebagai wujud dari cita-cita
masyarakat untuk memiliki Sekolah guna Pendidikan bagi putra-putrinya, dengan
harapan pada suatu kelak nanti lahir kader-kader pemimpin yang profesional dan
handal menurut bidangnya masing-masing.
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ardaniah
berdiri di atas naungan Yayasan Islamic Boarding School Pondok Pesantren
Ardaniah. Pesantren ini menaungi 5 lembaga formal yakni MTs, SMP, MA, SMA dan SMK.
C.
Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
1. Visi
“Pendidikan Modern dari segi moral
spiritual dan intelektual”
2. MISI
1.
Mewujudkan pengembangan kurikulum
2.
Meningkatkan nilai kecerdasan, cinta ilmu dan
keingintauan peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik
3.
Mewujudkan mutu lulusan menuju yang standar
4.
Mewujudkan tenaga pendidikan yang andal/
sesuai dengan kelayakannya
5.
Mewujudkan fasilitas atau sarana atau
prasarana yang sesuai dengan SPM
6.
Mewujudkan jaringan informasi, mutu
kelembagaan dan manajemen sekolah yang andal
7.
Mewujudkan kegiatan ekstrakurikuler secara
efektif
8.
Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa
ingin tahu, bertoleransi, bekerjasama, saling menghargai, disiplin, jujur,
kerja keras, kreatif dan inovatif.
9.
Membentuk warga sekolah yang beriman,
bertakwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap
dan prilaku religious baik didalam sekolah maupun diluar sekolah
10. Menumbuhkan penghayatan terhadap
ajaran agama yang dianut dan juga etika, moral sehingga menjadi sumber
keluhuran, kearifan dan kesantunan dalam bertindak.
3.
Tujuan
1.
Meningkatkan kedisiplinan, kejujuran,
kreatifitas, inovasi, keuletan dan ketekunan peserta didik dalam belajar..
2.
Membekali peserta didik pengetahuan dan
keterampilan yang diperlukan dan sesuai dengan potensinya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih
tinggi.
3.
Membekali peserta didik pengetahuan dan
keterampilan serta teknologi yang diperlukan oleh masyarakat sekitar.
4.
Membekali peserta didik agar mempunyai
semangat juang dan sikap kerja keras untuk mengejar ketertinggalan.
5.
Mempersiapkan
peserta didik agar menjadi pribadi yang mempunyai semangat yang tinggi
untuk belajar secara mandiri.
6.
Membekali peserta didik agar menjadi pribadi
yang menyayangi dan dapat beradaptasi dengan lingkungan dan budaya sekitar.
7.
Mempersiapkan peserta didik yang memahami
budaya bangsa dan mengikuti keteladanan para pendiri bangsa dan tokoh bangsa.
8.
Mempersiapkan peserta didik yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
4. Kurikulum sekolah
Kurikulum sekolah yang
dipakai di sekolah menengah (SMP) Ardaniah adalah KTSP. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di
masing-masing satuan pendidikan, yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan
tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan
kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.
KTSP jenjang pendidikan dasar dan
menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah. Dokumen KTSP terdiri
atas dokumen I dan dokumen II. Dokumen I meliputi komponen KTSP yaitu tujuan
tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum, serta kalender pendidikan,
dan dokumen II meliputi silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal,
untuk semua tingkat kelas. Sebelum mengembangkan KTSP, sekolah perlu melakukan
analisis konteks yang meliputi analisis SNP, analisis kondisi yang ada di
satuan pendidikan, dan analisis kondisi lingkungan eksternal satuan pendidikan.
Adapun Mata pelajaran yang diajarkan lebih banyak dibandingkan dengan sekola lain, Sekolah
ini lebih banyak tambahan Mata Pelajaran Mulok, yang biasanya hanya satu ata dua
mulok saja, di sekolah ini memiliki mata pelajaran Mulok 6 Pelajaran. Diantaranya
adalah sebagai berikut :
No
|
MATA PELAJARAN
|
1.
|
Pendidikan
Agama Islam
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4.
|
Matematika
|
5.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
6.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
7.
|
Bahasa Inggris
|
8.
|
Seni Budaya
|
9.
|
Pendidikan
Jasmani, Olah
Raga, dan Kesehatan
|
10.
|
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
11.
|
Bahasa Arab
|
12.
|
Imla
|
13.
|
Mahfudzot
|
14.
|
Kaifiyatul Ibadah
|
15.
|
Baca tulis Al-Qur’an
|
16.
|
English
Course
|
Kegiatan di Sekolah hanya pada KBM (Pukul 07. 15 s/d 01.00 WIB). Adapun kegiatan ekstrakurikuler dan lainnya
berdasarkan kegiatan Pesantren, diantaranya: Private/tahassus yaitu
pembelajaran khusus untuk memperdalam keahlian , minat dan bakatnya masing-masing,
contohnya tahassus Bahasa arab dan Inggris, Qori, science,
dll. Kesenian dan Olahraga Sesuai minat dan bakat juga. Dan Kegiatan belajar
kitab Kuning pada malam hari ba’da isya. Jadi, Lembaga (SMP) hanya secara
keadministrasian yang seolah-olah kegiatan ekskul berada dilembaga sekolah,
akan tetapi pada kenyataannya Pesantrenlah yang berperan menjalankan kegiatan
semua pembelajaran. Karena pemilik yayasan ingin semua kegiatan berpusat pada management
Pesantren bukan pada tiap-tiap lembaga. Kepala Sekolah bukanlah pusat dari berjalannya
Pendidikan, akan tetapi pada pimpinan Yayasan.
Pengajar/Guru terdiri dari dua Tipe yang pertama Guru yang tugasnya
hanya mengajar ketika pembelajaran Sekolah. Yang kedua Ustadz/ustadzah yang
memiliki dua tugas yakni sebagai guru Sekolah dan guru pesantren yang tidak hanya
mengajar pelajaran sekolah akan tetapi pelajaran pesantren dan kegiatatan lainnya.
Staf dan Keadministrasian dipegang
oleh ustadz yakni yang tinggal dipesantren bersama siswa/santri. Karena di
sekolah ini siswa harus santri, artinya semua siswa tinggal di pesantren. Tidak
menerima yang pulang pergi (siswa).
Adapun jadwal kegiatan sehari-hari
adalah sebagai berikut :
No
|
Hari
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
Senin
|
14.00 – 15.30
|
Seni dan Olahraga
|
2
|
Selasa -
Kamis
|
04.00 - 05.30
|
Dibangunkan shalat Subuh
|
05.30 – 06.30
|
Pemberian Kosa Kata
|
||
06.00 – 07.00
|
Siap-siap Sekolah
|
||
07. 15 –
12.30
|
Kegiatan
KBM
|
||
14.00 – 15.30
|
Tahassus
|
||
15.30 – 16.00
|
Shalat asar
|
||
20.00 – 10.00
|
Belajar Kitab Kuning
|
||
3
|
Jum’at
|
04.00 - 12.30
|
Seperti biasa
|
14.00 – 15.30
|
Muhadharah (belajar Ceramah Bahasa
Indonesia)
|
||
4
|
Sabtu
|
14.00 – 15.30
|
Pramuka
|
5
|
Minggu
|
-
|
Libur
|
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Sekolah Menengah Pertama (SMP) ardaniah merupakan Sekolah Swasta
yang dikepalai Oleh Ibu Mamah Fatmawati, SE. yang terletak di Jl. Cikulur, kp.
Pantogan Ds. Panggung Jati Kec. Taktakan Kota Serang Banten. Didirikan Oleh
Bpk. KH. Sudrajat ardani al-Makky, Lc.MH. di bawah naungan Islamic Boarding
School Pondok Pesantren Ardaniah.
Sekolah menjalanka roda pendidikan sesuai dengan ketentuan yang ada
di pesantren, dengan tidak meninggalkan ketentuan yang ada di negara kita
Indonesia.
B.
Saran
Saran
yang dapat penulis berikan pada penulisan makalah ini adalah semoga makalah ini
menjadi opoembelajaran khususnya bagi penulis umumnya bagi pembaca. Meski makalah
ini sangat jauh dari sempurna, yang tentunya butuhkoreksi dari pembaca.
DAFTAR
PUSTAKA
Hasil wawancara dengan ibu Mamah Fatmawati, SE sebagai Kepala
Sekolah SMP Ardaniah
Buku Kurikulum SMP Ardaniah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar