Kamis, 05 November 2015

KAPITA SELEKTA AGAMA ISLAM hasil wawancara pada sekolah menengah pertama

MAKALAH
HASIL WAWANCARA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ARDANIAH
Diajukan sebagai salah satu tugas Individu  pada Mata Kuliah
KAPITA SELEKTA AGAMA ISLAM
Dosen  : Sulaeha, M.Ag

Disusun Oleh  :
Nama   :Elis Fitriani
NIM    : 14102032011CA

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
SERANG - BANTEN

TAHUN AKADEMIK 2014/2015

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya. sehingga saya dapat menyelesaikan makalah hasil wawancara pada SMP ardania ini. Makalah ini berisikan tentang biografis, sejarah, kurikulum dan lainnya berkaitan dengan sekolah tersebut. Saya mengharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang hal terseebut.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini. Yakni Ibu sulaeha sebagai dosen pengampu Kapita Selekta agama Islam dan Ibu Fatmah Fatmawati sebagai kepala Sekolah SMP Ardaniah yang telah bersedia menyempatkan waktunya untuk diwawancarai. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


Serang, 05 Juli 2015




Penyusun




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................      i
DAFTAR ISI......................................................................................................      ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................      1
A.    Latar Belakag Masalah............................................................................      1
B.     Rumusan Masalah...................................................................................      1
C.     Tujuan Penulisan.....................................................................................      2
BAB II HASIL WAWANCARA....................................................................      3
A.    Profil Sekolah..........................................................................................      3
B.     Sejarah singkat berdirinya Sekolah.........................................................      3
C.     Visi, Misi dan Tujuan Sekolah.............................................................      4
D.    Kurikulum sekolah...............................................................................      6
BAB III PENUTUP..........................................................................................      9
A.    Kesimpulan.............................................................................................      9
B.     Saran.......................................................................................................      9
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................   10
 BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembanga zaman pendidikan mengalam perkembangan yang sangat pesat, mulai dari pendidikan Usia dini hingga perguruan tinggi, teknologi semakin canggih, Ilmu pengetahuanpun sangat mudah didapatkan bagi orang-orang yang mencarinya. Tapi pada kenyataannya semakin maju teknologi semakin hancur pendidikan, ini dilihat dari lulusan  yang tidak bisa memperlihatan eksistensinya didalam kehidupan masyarakat. Yang harusnya pendidikan menjadi perubah sikap dan sifat buruk  malah tidak demikian. Pengetahuan sebetulnya tidak hanya bisa didapat di lembaga formal, akan tetapi bisa melalui berbagai media, mulai dari media cetak, media televisi bahkan media sosialpun akan bisa menjadi sumber pengetahuan. Internet menjadi sumber yang sangat digemari masyarakat saat ini dengan biaya yang relatif murah dan mudah dalam penggunaannya menjadi faktor utama pemicu dalam pengguna internet ini.
Akan tetapi, banyak dari kalangan masyarakat yang kadang salah dalam menggunakannya. Atau bahkan karena begitu mudah dalam menggunakannya salah menggunakan Internet, sehingga membuat malas pengguna, contoh kecilnya banyaknya  mahasiswa yang tak mau repot mengetik, ssehingga selalu copas ketika diberi tugas oleh dosen.
Memang mudah dan cepat. Akan tetapi disadari atau tidak itu akan membuat mahasiswa malas, dengan  dalih “ngapain mencari yang sulit, bila ada yang mudah.”
Dengan Pembuatan makalah berupa wawancara, mungkin bisa mengurangi copas di internet dan juga bisa mengetahui keadaan sekolah, menegement dan kurikulum yang digunakan.
B.  Rumusan Masalah
1.      Dimana letak SMP ardaniah?
2.      Apakah kurikulum yang dipakai di sekolah tersebut?
3.      apa hubungannya dengan dengan pesantren ardaniah
4.      Bagaimana management keadministrasiannya?
5.      Siapakah yang paling berperan di sekollah tersebut?
C.  Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini antara lain:
1.        Untuk memenuhi Tugas individu Mata Kuliah Kapita Selekta Agama Islam.
2.    Untuk menambah pengetahuan tentang Pendidikan di indonesia terutama pendidikan di sekitar.
3.    Sebagai pembelajaran membuat makalah hasul wawancara


















BAB II
HASIL WAWANCARA
A.      Profil Sekolah
Secara singkat akan dipaparkan mengenai profil  Sekolah Menengah Pertama  Ardaniah Kota Serang.
1.    Nama Sekolah                         : SMP ARDANIAH
2.    Alamat                                                : Kp. Pantogan Ds. Panggungjati
3.    Kecamatan                              : Taktakan
4.    Kabupaten/Kota                      : Serang
5.    Nama Yayasan                        : Ardaniah
6.    Alamat Yayasan                      : Kp. Pantogan Ds. Panggungjati  Kec.                                                       Taktakan Kota Serang
7.    NSS/NPSN                             : 202286205037/20161638
8.    Tahun didirikan                       : 2009
9.    Tahun beroperasi                     : 2010
12. Identitas Kepala Sekolah :
Nama                                : MAMAH FATMAWATI, SE
Pendidikan Terakhir         : S1
Spesialis/Jurusan              : S1  ( Ekonomi )
Alamat                             : Kp. Pantogan Desa Panggungjati Kec. Taktakan        Kota Serang Banten
B.       Sejarah singkat berdirinya Sekolah
Berawal dari perjuangan para ulama dan pengabdian kepada Allah SWT, Bapak KH. Sudrajat Ardani Al-Makky, Lc.MH, berniat untuk mengikuti jejak para alim ulama dalam meneruskan dan mengembangkan da’wah islamiyah lewat Melalui system perpaduan pendidikan sekolah dan Salafi.
Sekolah Menengah Pertama  Ardaniah Kota Serang didirikan pada tahun 2009, di atas tanah waqaf yang awalnya seluas ± 2200 m². terletak di Kp. Pantogan Desa Panggung Jati Kec. Taktakan Kota Serang Propinsi Banten. Sekolah Menengah Pertama  Ardaniah Kota Serang didirikan atas inisiatif dan swadaya dari masyarakat Pantogan. Hal ini sebagai wujud dari cita-cita masyarakat untuk memiliki Sekolah guna Pendidikan bagi putra-putrinya, dengan harapan pada suatu kelak nanti lahir kader-kader pemimpin yang profesional dan handal menurut bidangnya masing-masing.
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ardaniah berdiri di atas naungan Yayasan Islamic Boarding School Pondok Pesantren Ardaniah. Pesantren ini menaungi 5 lembaga formal yakni MTs, SMP, MA, SMA dan SMK.
C.    Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
1.      Visi
          “Pendidikan Modern dari segi moral spiritual dan intelektual”
2.      MISI 
1.         Mewujudkan pengembangan kurikulum
2.         Meningkatkan nilai kecerdasan, cinta ilmu dan keingintauan peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik
3.         Mewujudkan mutu lulusan menuju yang standar
4.         Mewujudkan tenaga pendidikan yang andal/ sesuai dengan kelayakannya
5.         Mewujudkan fasilitas atau sarana atau prasarana yang sesuai dengan SPM
6.         Mewujudkan jaringan informasi, mutu kelembagaan dan manajemen sekolah yang andal
7.         Mewujudkan kegiatan ekstrakurikuler secara efektif
8.         Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerjasama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif dan inovatif.
9.         Membentuk warga sekolah yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap dan prilaku religious baik didalam sekolah maupun diluar sekolah
10.     Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga etika, moral sehingga menjadi sumber keluhuran, kearifan dan kesantunan dalam bertindak.

3.      Tujuan

1.         Meningkatkan kedisiplinan, kejujuran, kreatifitas, inovasi, keuletan dan ketekunan peserta didik dalam belajar..
2.         Membekali peserta didik pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dan sesuai dengan potensinya  untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
3.         Membekali peserta didik pengetahuan dan keterampilan serta teknologi yang diperlukan oleh  masyarakat sekitar.
4.         Membekali peserta didik agar mempunyai semangat juang dan sikap kerja keras untuk mengejar ketertinggalan.
5.         Mempersiapkan  peserta didik agar menjadi pribadi yang mempunyai semangat yang tinggi untuk belajar secara mandiri.
6.         Membekali peserta didik agar menjadi pribadi yang menyayangi dan dapat beradaptasi dengan lingkungan dan budaya sekitar.
7.         Mempersiapkan peserta didik yang memahami budaya bangsa dan mengikuti keteladanan para pendiri bangsa dan tokoh bangsa.
8.         Mempersiapkan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.


4.    Kurikulum sekolah
Kurikulum sekolah yang dipakai di sekolah menengah (SMP) Ardaniah adalah  KTSP. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan, yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.
KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah. Dokumen KTSP terdiri atas dokumen I dan dokumen II. Dokumen I meliputi komponen KTSP yaitu tujuan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum, serta kalender pendidikan, dan dokumen II meliputi silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, untuk semua tingkat kelas. Sebelum mengembangkan KTSP, sekolah perlu melakukan analisis konteks yang meliputi analisis SNP, analisis kondisi yang ada di satuan pendidikan, dan analisis kondisi lingkungan eksternal satuan pendidikan. Adapun Mata pelajaran yang diajarkan lebih banyak dibandingkan dengan sekola lain, Sekolah ini lebih banyak tambahan Mata Pelajaran Mulok, yang biasanya hanya satu ata dua mulok saja, di sekolah ini memiliki mata pelajaran Mulok 6 Pelajaran. Diantaranya adalah sebagai berikut :


No

MATA PELAJARAN
1.
Pendidikan Agama Islam
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3.
Bahasa Indonesia
4.
Matematika
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
7.
Bahasa Inggris
8.
Seni Budaya
9.
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
10.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
11.
Bahasa Arab
12.
Imla
13.
Mahfudzot
14.
Kaifiyatul Ibadah
15.
Baca tulis Al-Qur’an
16.
English Course

Kegiatan di Sekolah hanya pada KBM (Pukul 07. 15 s/d 01.00 WIB). Adapun kegiatan ekstrakurikuler dan lainnya berdasarkan kegiatan Pesantren, diantaranya: Private/tahassus yaitu pembelajaran khusus untuk memperdalam keahlian , minat dan bakatnya masing-masing, contohnya tahassus Bahasa arab dan Inggris, Qori, science, dll. Kesenian dan Olahraga Sesuai minat dan bakat juga. Dan Kegiatan belajar kitab Kuning pada malam hari ba’da isya. Jadi, Lembaga (SMP) hanya secara keadministrasian yang seolah-olah kegiatan ekskul berada dilembaga sekolah, akan tetapi pada kenyataannya Pesantrenlah yang berperan menjalankan kegiatan semua pembelajaran. Karena pemilik yayasan ingin semua kegiatan berpusat pada management Pesantren bukan pada tiap-tiap lembaga. Kepala Sekolah bukanlah pusat dari berjalannya Pendidikan, akan tetapi pada pimpinan Yayasan.
Pengajar/Guru terdiri dari dua Tipe yang pertama Guru yang tugasnya hanya mengajar ketika pembelajaran Sekolah. Yang kedua Ustadz/ustadzah yang memiliki dua tugas yakni sebagai guru Sekolah dan guru pesantren yang tidak hanya mengajar pelajaran sekolah akan tetapi pelajaran pesantren dan kegiatatan lainnya.
Staf dan Keadministrasian dipegang oleh ustadz yakni yang tinggal dipesantren bersama siswa/santri. Karena di sekolah ini siswa harus santri, artinya semua siswa tinggal di pesantren. Tidak menerima yang pulang pergi (siswa).
Adapun jadwal kegiatan sehari-hari adalah sebagai berikut :
No
Hari
Waktu
Kegiatan
1
Senin
14.00 – 15.30
Seni dan Olahraga
2

Selasa - Kamis
04.00 - 05.30
Dibangunkan shalat Subuh
05.30 – 06.30
Pemberian Kosa Kata
06.00 – 07.00
Siap-siap Sekolah
07. 15 – 12.30
Kegiatan KBM
14.00 – 15.30
Tahassus
15.30 – 16.00
Shalat asar
20.00 – 10.00
Belajar Kitab Kuning
3
Jum’at
04.00 - 12.30
Seperti biasa
14.00 – 15.30
Muhadharah (belajar Ceramah Bahasa Indonesia)
4
Sabtu
14.00 – 15.30
Pramuka
5
Minggu
-
Libur








BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Sekolah Menengah Pertama (SMP) ardaniah merupakan Sekolah Swasta yang dikepalai Oleh Ibu Mamah Fatmawati, SE. yang terletak di Jl. Cikulur, kp. Pantogan Ds. Panggung Jati Kec. Taktakan Kota Serang Banten. Didirikan Oleh Bpk. KH. Sudrajat ardani al-Makky, Lc.MH. di bawah naungan Islamic Boarding School Pondok Pesantren Ardaniah.
Sekolah menjalanka roda pendidikan sesuai dengan ketentuan yang ada di pesantren, dengan tidak meninggalkan ketentuan yang ada di negara kita Indonesia.
B.       Saran
Saran yang dapat penulis berikan pada penulisan makalah ini adalah semoga makalah ini menjadi opoembelajaran khususnya bagi penulis umumnya bagi pembaca. Meski makalah ini sangat jauh dari sempurna, yang tentunya butuhkoreksi dari pembaca.












DAFTAR PUSTAKA
Hasil wawancara dengan ibu Mamah Fatmawati, SE sebagai Kepala Sekolah SMP Ardaniah
Buku Kurikulum SMP Ardaniah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar